DAERAH

1,2 Miliar PAD Bolmut ‘Embang’

145
×

1,2 Miliar PAD Bolmut ‘Embang’

Sebarkan artikel ini
GENJOT: Angkat peningkatan PAD Bolmut, lewat ketersediaan balai pengujian KIR.

BOLMUT,dotNews.id – Setiap tahun, angka kendaraan niaga angkutan barang di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), terus bertambah. Jika dimasukkan dalam daftar obyek pajak pendapatan daerah, akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemkab Bolmut, lewat penarikan retribusi pembiayaan Pengujian Kendaraan Bermotor (KIR).

“Pertahun jumlah kendaraan angkutan barang Bolmut terus bertambah, jika pemkab jeli, ini adalah salah satu potensi peningkatan PAD,” kata Hendro Djarumia, salah satu tokoh pemuda Bolangitang, Senin (10/01/22)

Dikatakannya, saat ini dipastikan jumlah kendaraan angkutan barang dan angkutan antar kota antar provinsi (AKAP), di Kabupaten Bolmut ada dikisaran 2000-an unit. Jika dihitung dalam setahun dua kali dilakukan pengujian KIR oleh pemkab, dengan pembiayaan 600 ribu per unit, diyakini daerah akan mengantongi 1,2 Miliar PAD dari hasil penarikan tersebut.

“Sayangnya ini belum bisa dimaksimalkan oleh pemerintah daerah, padahal salah satu pendapatan daerah terbesar ada pada potensial pajak ini,” sebut Djarumia.

Olehnya, dia berharap hal itu dapat menjadi perhatian serius pemerintah daerah, lewat ketersediaan prasarana balai pengujian KIR.

“Memang untuk menyediakan balai pengujian KIR, pemerintah daerah harus mengeluarkan anggaran yang cukup besar, namun jika dilakukan secara bertahap akan terasa lebih ringan,” sarannya.

Sementara itu, Heriyanto, salah satu pemilik kendaraan angkutan barang di Bolmut, mengaku kesulitan mengurus kelengkapan surat kendaraan KIR. Pasalnya untuk mengurus kelengkapan tersebut dirinya harus merelakan waktu ke Provinsi Gorontalo atau ke Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Bolmut tak ada balai pengujian KIR, makanya saya harus ke Gorontalo atau ke kabupaten tetangga yakni Bolaang Mongondow. Ini saya lakukan dua kali dalam setahun dengan pembiayaan keseluruhan mencapai 600 ribu,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bolmut, melalui Kepala Bidang Prasarana dan Keselamatan, Reymond Patadjenu S.Kom, ketika diminta tanggapannya membenarkan, jika Bolmut sudah selayaknya memiliki balai pengujian KIR.

“Sudah kita rencanakan dan telah diusulkan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Bolmut. Sebab selain sangat di butuhkan oleh masyarakat, berpengaruh juga pada peningkatan PAD kita. Insya Allah akan disetujui pada tahun depan,” kuncinya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *