DAERAH

Lewat Prosesi Mopohabaru, Lembaga Adat Sampaikan Penetapan Idhul Fitri 1445 H ke Bupati Bolmut

BOLMUT, dotnews.id – Sebagai Ki Doni Pangulu, Penjabat Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev, menerima Prosesi Adat Mopohabaru – Mopotau dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1445 H/ 2024 M, bertempat di Rumah Kediamannya Desa Boroko Kecamatan Kaidipang, Jumat (5/4/2024).

Aliansi Lembaga Adat Kabupaten Bolmut menyampaikan beberapa hal yang telah disepakati, diantaranya 1 Syawal 1445 Hijriyah jatuh pada tanggal 10 april 2024 dan terkait dengan pelaksanaan Sholat Ied.

Menurut Aliansi Lembaga Adat, Sholat Ied akan dilaksanakan di Masjid Agung Baiturrahman Boroko pada Pukul 07.00 Wita dengan para petugas diantaranya, Khatib Mimbar Hi. Muhammad Yusuf Dani Pontoh, S.Ag MH, Imam Yunus Rahman, dan Bilal Amir Lauma.

Sementara, Pj Bupati Bolmut dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Aliansi Lembaga Adat yang telah menyampaikan kabar tentang Idul Fitri serta petugas pelaksana pada Sholat Ied nanti, meskipun demikian, penetapan 1 Syawal 1445H, akan tetap menunggu pengumuman resmi Menteri Agama RI.

Lebih lanjut, disampaikan kegiatan Malam Takbir pemerintah daerah akan dipusatkan di Masjid Agung Baiturrahman Boroko, Kemudian pelaksanaan takbiran di lanjutkan di kediaman Pj Bupati Bolmut dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmut.

Demikian pula untuk Pemerintah Kecamatan dan Desa melaksanakan kegiatan Takbiran di Masjid masing-masing.

Sebelumnya, dilaksanakan Khatam Qur’an selesainya kegiatan tadarus selama bulan suci Ramadhan 1445 Hijiriah.(**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button