DAERAH

Mega Proyek Pembangunan Tanggul Pengaman Pantai Desa Buko Diduga tak ‘Beres’

Bolmut,dotNews.id – Hingga saat ini pembangunan tanggul pengaman pantai Desa Buko dan Buko Utara, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), terus dipacu pengerjaannya. Tak heran jika progres perampungannya ini pun diperkirakan sudah mencapai angka 90 persen.

Pun demikian mega proyek yang dibandrol sekitar Rp28 miliar terhitung tender tahap satu dan dua dari pagu APBN 2021 ini, mulai disorot oleh sejumlah masyarakat setempat. Alasannya memperihatinkan, dimana banyak dugaan pekerjaan yang dilaksanakan asal jadi alias tak beres. “Salah satu contoh pada pekerjaan cakar ayam, ada yang dipasang ada yang tidak, begitu juga pada penyusunan bloknya, tidak sama rata alias bergelombang naik turun,” ungkap sejumlah masyarakat Desa Buko yang tak mau namanya disebutkan, Kamis (3/11).

Atas dasar itu, mereka mengaku khawatir pembangunan tanggul tersebut rentan terjadi mal praktek atau tak sesuai spek yang bakal berujung pada kerugian uang negara. “Kalau dibiarkan dapat dipastikan uang negara yang telah dikucurkan pada pembangunan ini bisa menjadi mubazir akibat pengerjaannya yang dinilai asal jadi. Dan ujung-ujungnya lagi masyarakatlah yang dirugikan,” keluh mereka kompak.

Untuk itu pula mereka berharap, pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut, jangan hanya tinggal diam, harus cepat turun tangan dan lakukan evaluasi lapangan. “Pemprov sebagai pihak internal pengawasan harus turun tangan sebelum hal tak diinginkan terjadi,” tutup mereka.

Sementara itu, pihak PT. Tiga Pilar Putra Tunggal, sebagai penanggungjawab kegiatan pembangunan tanggul pengaman ombak Desa Buko dan Buko Utara ini, belum bisa ditemui sebab tidak berada di tempat. “Pengawas yang bertanggungjawab pada pekerjaan ini sedang tidak berada di tempat,” singkat salah satu pekerja yang tak mau menyebutkan namanya, sembari berlalu.

Diketahui proyek Tanggul Pengaman Pantai ini bersumber dari dana APBN melalui Balai Sungai wilayah I Provinsi Sulut. Proyek ada 2 tahap, tahap 1 sepanjang 450 meter tahap 2 sepanjang 300 meter.

Selain pembangunan tanggul juga di bangun Tambatan perahu untuk sandaran perahu nelayan bagi masyarakat Buko-Buko Utara dan sekitarnya.

(rap)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button