DAERAH

Meriahkan Hut ke-16 Kabupaten, Dispar Sukses Gelar Bolmutfest dan Pameran Ekraf 2023

467
×

Meriahkan Hut ke-16 Kabupaten, Dispar Sukses Gelar Bolmutfest dan Pameran Ekraf 2023

Sebarkan artikel ini
Bupati Depri Pontoh, saat membuka kegiatan Bolmutfest 2023

Bolmut, dotNews.id – Gelaran Bolmutfest dan pameran ekonomi kreatif (Ekraf) sukses dilaksanakan Dinas Pariwisata (Dispar) Bolmut Selasa (23/5/2023).

Kegiatan Bolmutfest 2023 dan pameran ekonomi kreatif tersebut merupakan rangkaian dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Bolmut ke-16 diawali dengan pemutaran video Pariwisata, Kaleidoskop pembangunan Bolmut, teater kolosal, tarian tradisional serta penampilan musisi the Soul Band dan Wizz Baker.

Berbagai kegiatan kearifan lokal ditampilkan Dinas Pariwisata dalam kegiatan Bolmutfest 2023

Kepada wartawan, Kepala Dinas (Kadis) Dispar Bolmut, Noval Jarumia mengatakan, Bolmutfest merupakan ajang untuk melestarikan kearifan lokal Kabupaten Bolmut agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Makanya kegiatan ini di isi dengan berbagai kegiatan kearifan lokal Bolmut, seperti, pemutaran video Pariwisata, Kaleidoskop pembangunan Bolmut dan penampilan teater kolosal serta tarian tradisional,” kata Noval.

Lanjutnya, khusus untuk pameran ekraf, disadari atau tidak, para pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) dan UMKM telah memberikan dampak signifikan kepada pembangunan kesejahteraan masyarakat Bolmut. Hal ini dikarenakan dalam perspektif perencanaan pembangunan, ekonomi kreatif itu identik dengan jiwa muda, sehingga sangat potensial berperan sebagai dinamisator ketika proses pembangunan mengalami stagnasi.

Bupati Depri dan Wakil Bupati Amin Lasena saat bersama dengan Presidium Asripan Nani

Noval menjelaskan, diadakannya pameran Ekraf ini bertujuan untuk mendorong kiprah para pelaku ekonomi kreatif sekaligus membangun tata kelolanya dalam pembangunan Bolmut dan untuk mengapresiasi serta mempromosikan dan memunculkan produk-produk ekonomi kreatif Bolmut.

“Pameran Ekraf adalah salah satu upaya Pemkab untuk membangkitkan ekonomi masyarakat khususnya pelaku usaha kreatif yang mulai bermunculan di tengah kompetitifnya kesempatan kerja.

Kadis Noval Jarumia bersama jajaran Dinas Pariwisata di acara puncak Bolmutfest 2023

Kegiatan Bolmutfest dan pameran Ekraf 2023 dibuka secara resmi Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh
dan turut dihadiri Gubernur Sulut yang diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulut dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, staf khusus gubernur bidang pariwisata Dino Gobel, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Pimpinan DPRD, Ketua TP-PKK Bolmut Dra. Hj. Ainun Depri Pontoh, Ketua 1 TP-PKK Bolmut Dra. Hj. Safwania Amin Lasena.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *