DAERAH

Pemkab Bolmut Gelar Musrembang Kecamatan Tahun 2023, Wabup : Arah Kepastian Pembangunan 2024

Bolmut,dotNews.id – Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD tingkat kecamatan tahun 2023, resmi digulirkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Utara (Bolmut),  di tiga kecamatan yakni, Kecamatan Sangkub dan Bintauna, serta Kecamatan Bolangitan Timur.

Wakli Bupati Bolmut Drs Hi Amin Lasena MAp mengatakan, Musrenbang kecamatan ini pada prinsipnya menghimpun aspirasi masyarakat sebagai bahan penyusunan rencana kerja program dan kegiatan prioritas kecamatan pemerintah melalui Musrenbang desa dan pra-musrenbang kecamatan.

Rumusan ini kata Wabup sangat penting karena akan memberikan kepastian dan arah pembangunan tahun 2024 yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat berdasarkan hasil kesepakatan bersama dan bukan berdasarkan keinginan oleh segelintir masyarakat atau oknum semata.

“Karena itu harapan saya, kepada kita semua yang hadir dalam forum ini, untuk menghargai rumusan yang akan dihasilkan sebentar nanti, setelah rumusan ini ditetapkan, saya berharap jangan ada lagi pihak pihak khusunya pemangku kepentingan di desa/kecamatan yang melakukan potong kompas usulan pada saat penyusunan APBD. Karena hal ini dapat mencederai kesepakatan yang telah kita rumuskan bersama,” kata Wabup, Jumat (23/02/2023).

Lanjutnya, bertitik tolak dari berbagai permasalahan, potensi dan tantangan pembangunan di Kabupaten Bolmong Utara yang ada saat ini, serta memperhatikan RPJMD Kabupaten Bolmut tahun 2005-2025, maka dirumuskan 7 prioritas pembangunan daerah Tahun 2024 diantaranya:

Meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan kualitas layanan kesehatan, menurunkan angka kemiskinan dan tingkat pengangguran, akselerasi tata kelola pemerintah yang akuntabel dan inovatif, meningkatkan daya saing perekonomian daerah, meningkatkan infrastruktur sesuai tata ruang yang berwawasan lingkungan, dan stabilitas daerah yang kondusif dan terjamin dalam rangka pelaksanaan pemilu serentak.

“Semua usulan yang lahir dari tahapan musrenbang ini, harus sejalan dengan prioritas pembangunan tahun 2024. Dan hasil evaluasi pelaksanaan pembangunan hingga tahun 2022, sehingga apapun program kegiatan yang diusulkan harus diselaraskan dengan prioritas pembangunan,” tutup Wabup.(rezky)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button