HUKRIM

Spesialis Gembong Ranmor ‘Mati Kutu’ Digaruk Resmob Polresta Manado

Manado,dotNews.id – Kerja keras Unit Resmob Polresta Manado, dalam mengungkap berbagai laporan kasus pencurian kendaraan bermotor (Ranmor) di wilayah hukumnya patut diacungi jempol.

Mengapa tidak ?, Resmob Polresta Manado, kembali berhasil mengungkap dan menangkap spesialis komplotan Ranmor Selasa (12/7/2022) dini hari. “Dari hasil pengembangan, Polisi berhasil mengamankan barang bukti 7 unit kendaraan bermotor, yang di curi oleh para tersangka di beberapa wilayah Kota Manado,” ujar Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, Jumat (15/7/2022).

Diterangkannya para komplotan pelaku terdiri dari tiga orang pria. Masing-masing, KS (27), warga Kawangkoan Minahasa, kemudian TP (25), warga Tinoor 2 Tomohon, dan CM (23), warga Touluaan Minahasa Tenggara.

Lanjutnya, para pelaku ditangkap usai mencuri satu unit sepeda motor Yamaha NMax milik Stevan (22), warga Tuminting Manado, dimana kejadiannya pada Minggu (10/7/2022), sekitar Pukul 01:00 WITA, di Mahakeret Barat Manado.

“Korban mengunjungi rumah temannya di Mahakeret Barat, lalu memarkirkan sepeda motor di pinggir jalan depan rumah tersebut. Beberapa saat kemudian saat korban akan memindahkan sepeda motor ke garasi rumah temannya, ternyata sepeda motor tersebut telah hilang,” terang Abraham.

Korban lalu melapor ke SPKT Polresta Manado, beberapa saat usai kejadian. Laporan direspon Unit Resmob dengan melakukan penyelidikan hingga mengantongi identitas dan keberadaan para pelaku, kemudian menangkap ketiganya di lokasi berbeda. “KS ditangkap di Malalayang Manado, kemudian CM ditangkap di Teling Manado, dan TP ditangkap di Tinoor Tomohon. Dari penangkapan ini kemudian diketahui bahwa komplotan tersebut telah beraksi di sejumlah TKP di wilayah Manado dan sekitarnya, beberapa waktu yang lalu,” ungkapnya.

Unit Resmob lalu melakukan pengembangan barang bukti Selasa dini hari itu juga. Tak sia-sia, Unit Resmob pun berhasil mendapati total tujuh unit sepeda motor berbagai merek, di beberapa lokasi berbeda, yang salah satunya adalah milik korban Stevan. “Dari tujuh unit sepeda motor hasil curian, empat unit ditemukan di Kalait Minahasa Tenggara, lalu tiga unit lainnya masing-masing ditemukan di Karimbow Minahasa Selatan, Dumoga Bolmong, dan Kiawa Minahasa. Ketiga pelaku beserta barang bukti lalu diamankan di Mapolresta Manado untuk diperiksa lebih lanjut, dan kasus ini masih dalam pengembangan,” sebut Abraham.

Atas dasar itu juga, Abraham mengimbau warga masyarakat agar lebih waspada saat memarkirkan kendaraan bermotor. “Gunakan kunci ganda. Parkirkan kendaraan di tempat yang mudah terpantau dan ada penerangan yang cukup, khususnya saat malam hari. Ini demi mencegah terjadinya pencurian,” imbaunya.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button