DAERAH

Depri : SKPD Harus Koperatif dan Kuasai Laporan Pertanggungjawaban

BOLMUT,dotNews.id – Proses pemeriksaan audit pendahuluan, oleh Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI), terhadap hasil laporan keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Bolmut tahun anggaran 2021, saat ini tengah berjalan.

Hal ini membuat Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh, tak henti-hentinya menginstruksikan, kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), lingkup Pemkab Bolmut, untuk tetap kooperatif kepada tim BPK. “Seluruh SKPD saya harap agar kooperatif dan menguasai laporan pertanggungjawaban masing-masing,“ kata Depri, Rabu (02/02/2022).

Dalam pemeriksaan audit pendahuluan ini lanjut bupati, akan diketahui hasil laporan pertanggungjawaban yang bermasalah dan belum dilengkapi. Atas dasar itu dirinya meminta, daftar laporan pertanggungjawaban yang belum sempurna, agar dilakukan perbaikan.

Ditegaskannya, pemeriksaan BPK tidak berarti tidak ada masalah dalam tubuh Pemkab, justru lewat pemeriksaan itu Pemkab diajarkan tentang tata cara tertib administrasi keuangan demi meningkatkan kinerja dan transparansi penggunaan anggaran. “Jangan ada laporan yang ditutup-tutupi, laporkan dan kooperatif kepada pihak BPK,” tandasnya.

Bupati juga meminta kepada pihak BPK-RI nantinya, untuk melaporkan segala bentuk tidak kooperatif yang diperlihatkan para kepala SKPD dan bawahannya saat melaksanakan pemeriksaan. “Kepada tim audit, saya harap laporkan apabila ada kesan-kesan tidak kooperatif dari SKPD kala melaksanakan pemeriksaan. Akan langsung kami tindak lanjuti. Sebab Pemkab selalu berupaya agar kualitas SDM aparatur bisa meningkat, salah satunya lewat hasil dari pemeriksaan audit pendahuluan ini,” pungkasnya.

(sir)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button