NASIONAL

Kapolri Copot Jabatan Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta

Jakarta,dotNews.id – Jabatan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta resmi di copot Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Pencopotan ini setelah sembilan hari tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, terjadi, yang mengakibatkan 131 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka.

Sejumlah pihak memang sempat mendesak agar Kapolri mencopot Nico dari jabatannya pasca peristiwa Kanjuruhan. Posisi yang ditinggalkan Nico kini akan diisi oleh Irjen Pol Teddy Minahasa Putra.

Hal ini termuat dalam surat telegram nomor ST/2134/X/KEP/2022 tanggal 10 Oktober 2022.

Adapun surat telegram itu telah dikonfirmasi oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. “Ya betul, TR tersebut adalah tour of duty and tour of area, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi,” ucap Dedi saat dikonfirmasi, Senin (10/10) malam.

Dalam surat telegram itu, Nico akan dimutasi untuk menjadi Staf Ahli Bidang Sosial Budaya (Sahlisosbud) Kapolri.

Sebagaiman diketahui, perjalanan karir Irjen Pol Nico Afinta telah menjabat sebagai Kapolda Jatim sejak akhir tahun 2020, namun sebelum itu, ia sempat lama bertugas di bidang reserse.

Dikutip Nico merupakan pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, pada 30 April 1971. Ia lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1992. Setelah lulus dari PTIK tahun 2001, Nico melanjutkan pendidikan di bidang hukum untuk jenjang S2 dan S3 di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.(**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button