NASIONAL

Kopi Tua Heluka’ Personil KKB Pembunuhan Anggota TNI Polri di Yahukimo Berhasil Ditangkap

Jakarta, dotNews.id – Satu dari kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang telah membunuh anggota TNI Pratu Eka Johan pada November 2022 lalu berhasil ditangkap aparat gabungan TNI Polri.

Pelaku Penihas Heluka atau dikenal dengan nama Kopi Tua Heluka memang telah masuk sebagai DPO Polres Yahukimo. Ia diketahui pernah melakukan penembakan terhadap anggota Polri di Polres Yahukimo pada November 2022 lalu.

Dilansir dari VIVA, Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo menyebut Kopi Tua Heluka adalah DPO dari Polres Yahukimo dan sudah terlibat di beberapa aksi KST Kodap XVI Yahukimo di Kabupaten Yahukimo.

“Pelaku terlibat pembunuhan anggota Kodim 1715/Yahukimo Pratu Eka Johan Kaise oleh KST Kodap XVI Yahukimo di rumah masyarakat Jl. Seradala Km 2 Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo. Kemudian penembakan terhadap anggota Polres Yahukimo Brigpol Usdar di Bank BRI Dekai Yahukimo yang mengakibatkan korban meninggal dunia,” ujar Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo, Selasa (23/5/2023).

Letkol Tommy mengatakan, sebelum melakukan pembunuhan dan penembakan, KKB akan melakukan penghadangan kepada anggota Satgas Damai Cartenz di Jl.Poros Logpon Km 7 Distrik Dekai Yahukimo.

“Korban Bripda Gilang meninggal dunia dan Bripda Fauzan mengalami luka tembak di punggung kiri atas. Bahkan, kelompok separatis teroris (KST) Kodap XVI Yahukimo juga melakukan penembakan terhadap Pos Penjagaan SPKT Polres Yahukimo sebanyak 2 kali, namun tidak ada korban jiwa,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, KKB Papua Kodap XVI Yahukimo yang dipimpin oleh Kopi Tua Heluka terus melakukan aksi kekerasan ke masyarakat dan aparat TNI Polri.

Pada 4 November ia membunuh anggota Kodim 1715/Yahukimo Pratu Eka Johan Kaise di rumah masyarakat, Jl. Seradala Km 2 Distrik Dekai, Kab. Yahukimo. Lalu pada 29 November 2022 ia menembak KST Kodap XVI Yahukimo terhadap anggota Polres Yahukimo Brigpol Usdar di Bank BRI Dekai Kabupaten dan membuat Yahukimo sehingga korban meninggal dunia.

Pada 30 November 2022 ia melakukan penghadangan kepada Satgas Damai Cartenz di Jl. Poros Logpon Km 7 Distrik Dekai. Lalu pada 31 Desember 2022, KST Kodap XVI Yahukimo kembali menyerang Pos Kali Buatan Satgas Damai Cartenz di Yahukimo. (ree/tvOnenews)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button