DAERAH

Masyarakat Diminta Awasi Pemanfaatan Bantuan Pemkab Bolmut

Bolmut,dotNews.id – Pemberian bantuan yang selama ini telah disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut kepada masyarakat, baik itu bantuan untuk para petani, nelayan, dan pelaku usaha kecil menengah (UKM) bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil.

Namun, pemberian bantuan tersebut bukan menjadi solusi untuk melepaskan belenggu kemiskinan bagi masyarakat kecil. Karena, meskipun banyak bantuan yang diberikan oleh pemerintah, namun tidak dipergunakan atau dikelola dengan baik oleh para penerima bantuan, maka bantuan tersebut tidak akan memberikan dampak positif sehingga masalah pengentasan kemiskinan tidak akan kunjung usai dan program pemerintah pun hanya berkutat pada masalah yang itu-itu saja.

Hal ini pun menjadi perhatian pemerintah, dimana menurut Bupati Bolmut Drs Depri Pontoh, jika tantangan dari pemerintah tidak hanya selesai ketika hak masyarakat berupa pemberian bantuan tersebut telah disalurkan. Justru, penyaluran bantuan tersebut menjadi awal dimulainya tantangan bagi pemerintah khususnya SKPD teknis terkait dalam mengawal, mengawasi pemanfaatan bantuan dari program yang dilaksanakan. “Atas dasar itu, saya selalu berpesan kepada seluruh SKPD teknis yang telah menyalurkan bantuan agar terus melakukan evaluasi dan monitoring terhadap pemanfaatan bantuan tersebut. Sehingga, tujuan pemberian bantuan ini dapat benar-benar terlaksana dengan baik di lapangan,” kata Depri, kepada wartawan.

Dikatakannya, pengawasan dan evaluasi serta monitoring pemanfaatan bantuan itu, gunanya untuk mengetahui apakah dalam pemanfaatan bantuan tersebut terdapat masalah ataukah adanya bantuan tersebut justru tidak efektif diterapkan oleh masyarakat. “Jadi bukan hanya diberikan lalu selanjutnya dibiarkan begitu saja. Harus dikawal pemanfaatannya. Sehingga ketika muncul persoalan baru, SKPD teknis dapat mengetahui dan segera mencarikan solusi efektifnya,” jelasnya.

Pun demikian bupati berharap, kepada seluruh masyarakat dapat turut serta mengawal pemanfaatan bantuan yang diberikan lewat program-program yang dilaksanakan oleh pemerintah, baik yang sudah dilaksanakan dan yang baru akan dilaksanakan. “Peran masyarakat dalam mengawasi dan mengawal pelaksanaan dan pemanfaatan bantuan di lapangan sangat penting. Dan saya berharap masyarakat bisa mengambil bagian tersebut demi kebaikan daerah yang kita cintai bersama,” pungkas orang nomor satu di Bolmut ini.

(sir)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button