DAERAH

Pelaksanaan Sholat Ied Idhul Fitri 1444 H, Tingkat Kabupaten di Pusatkan di Lapangan Kembar Boroko

Bolmut, dotNews.id – Ribuan Umat Islam di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) tumpah ruah di Lapangan  Kembar Boroko. Hal ini guna melaksanakan Sholat Ied hari raya Idhul Fitri 1444 H.

Berdasarkan jadwal Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut memusatkan pelaksanaan sholat Ied di Lapangan Kembar Boroko, Sabtu (22/4/2023).

Namun demikian, Pemkab juga mengarahkan warga yang berada di wilayah jauh dari pusat kota untuk melaksanakan sholat ied, di Kecamatan masing-masing, dengan tujuan agar semarak lebaran terasa tidak hanya di Ibu kota saja, namun mencakup seluruh wilayah Kabupaten Bolmut.

Bupati  Bolmut Drs Depri Pontoh, Wakil Bupati Drs Amin Lasena MAp serta Sekretaris Daerah dr Jusnan C Mokoginta MARS, nampak hadir dalam sholat ied di Lapangan Kembar Boroko.

Seluruh Jamaah sholat ied nampak dibawa dalam suasana haru, lewat Khutbah yang dibawakan Ustad Dani Pontoh SAg

Khutbah tentang makna lebaran dan ukhuwah yang dibawakan oleh Ustad Kondang ini, mengajak para jamaah Ied merenungi Lebaran sebagai akhir Ramadhan, sebagaimana hidup manusia juga yang pasti akan berakhir.

Ustad Dani juga turut mengajak seluruh jamaah untuk meninggikan derajat Nabi Muhammad SAW, Orang Tua serta para kerabat yang telah meninggal.

Tema Khotbah yang dibacakan para khotib pada saat lebaran, disusun seragam menerangkan, penyeragaman tema sholat ied dilakukan agar suasana perayaan sholat ied juga seragam dan sama semaraknya, sebagaimana yang dilaksanakan di Kecamatan Kaidipang, selaku pusat pelaksanaan sholat ied.

Kabag Humas Pemkab Bolmut Sofyan Mokoginta mengatakan, sholat ied disebar pada 6 lokasi atau lebih tepat enam kecamatan se Bolmut.

Pusat pelaksanaan sholat ied dilaksanakan di Lapangan Kembar Boroko dimana 7 desa yang berada pada lokasi paling dekat, wajib mengikuti sholat Ied di Lapangan ini.

Sebagai informasi, pasca pelaksanaan sholat Ied, bupati dan wakil bupati melaksanakan open house di masing-masing rumah dinas, guna menerima silaturahmi dari seluruh masyarakat Bolmut.

“Namun Bupati sangat berharap, meskipun berbeda tempat pelaksanaan, makna dan kebaikan lebaran akan sampai pada seluruh wilayah di kabupaten ini, “ tutup Sofyan.(**) 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button