DAERAH

Pemkab Bolmut Mulai Rampungkan RPD 2024-2026

152
×

Pemkab Bolmut Mulai Rampungkan RPD 2024-2026

Sebarkan artikel ini

Bolmut,dotNews.id – Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) 2024-2026 mulai dirampungkan.
Langkah awal lewat Forum Konsultasi Publik.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Pohohimbungo Bapelitbang, dan dibuka secara resmi oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh yang diwakili Asisten II, Abdul Nazarudin Maloho, Selasa (24/1).

Mewakili Bupati Bolmut, Nazarudin mengatakan, jika RPD ini merupakan amanat Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 55 Tahun 2022. Yakni, tentang Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Bagi Daerah Dengan Masa Jabatan Kepala Daerah Berakhir Pada Tahun 2023, dan Daerah Otonom Baru. “Dokumen RPD 2024-2025 ini, nantinya digunakan Pj. kepala daerah, sebagai pedoman penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” ucap Nazarudin.

Di mana kata Nazarudin, RPD tersebut sudah harus ditetapkan paling lambat pada minggu ke-4 Maret 2023. Sementara Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah  ditetapkan paling lambat minggu kedua April 2023. “Untuk itu, saya berharap agar kita semua dapat betul-betul serius mengikuti tahapan ini, mengingat tenggang waktu penyusunan sampai penetapan kedua dokumen tersebut relatif sangat singkat,” harapnya.

Lanjutnya, melalui forum, aspirasi pemangku kepentingan dijaring, dan akan dibahas bersama kepala perangkat daerah yang bertujuan untuk menampung saran dan masukan. “Kemudian bisa ditelaah, analisa dan dikaji dokumen RPD-nya, agar seluruh pemangku kepentingan mengetahui dengan jelas arah kebijakan dan prioritas pembangunan Kabupaten Bolmut 2024-2026,” beber Nazarudin.

Terakhir harap Nazarudin, momentum ini sebagai wahana penyatuan persepsi, dengan mengutamakan kepentingan masyarakat, guna memperoleh suatu keputusan yang betul-betul sesuai kebutuhan masyarakat, bukan individu atau kelompok semata.(rez)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *