DAERAHKESEHATAN

Penghujan, Waspada DBD, Foging Bukan Solusi Masyarakat Bolmut Diminta Terapkan 3 M Plus

Bolmut,dotNews.id – Musim penghujan yang kini masih melanda Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), membawa ancaman berbagai penyakit masyarakat setempat. Salah satunya, menjadi langganan terserang penyakit di daerah tersebut yakni demam berdarah dengue (DBD).

Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut meminta agar masyarakat senantiasa mewaspadai akan penyebab serangan penyakit tersebut, lewat gerakan hidup sehat dan bersih.

Hal ini sebagaimana disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut, dr Jusnan C Mokoginta MARS, kepada dotNews.id, Minggu (26/02/2023).

Dikatakannya, membasmi penyakit DBD tidak hanya terfokus pada sistem pengasapan atau biasa disebut fogging. “Harus dibarengi dengan pola hidup sehat dan bersih, serta mengutamakan 3M Plus,” kata Jusnan.

Mantan Kadis Kesehatan Bolmut ini menjelaskan, sistem fogging tidak dapat membasmi secara menyeluruh penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. “Fogging hanya bisa membunuh nyamuk aedes aegypti dewasa tidak sampai pada jentiknya. Dan yang hanya bisa membunuh jentik nyamuk tersebut lewat pelaksanaan kegiatan 3 M Plus, (menguras, menutup dan mengubur),” terangnya.

Disisi lain Jusnan juga mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya penyakit DBD di musim penghujan, pihaknya melaksanakan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) di seluruh Puskesmas se-Kabupaten Bolmut. “Kami berharap juga, kepada masyarakat untuk bahu-membahu mengantisipasi penyakit DBD lewat saling koordinasi bersama pemerintah daerah, dan membersihkan tempat-tempat genangan air yang dapat menimbulkan jentik-jentik nyamuk aedes aegypti, terlebih saat musim penghujan seperti sekarang ini,” tutup Jusnan.(rezky)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button