DAERAH

Plat Hitam Dominasi Arus Mudik Bolmut

Bolmut, dotNews.id – Lebaran Idul Fitri terhitung tinggal menghitung hari, masyarakat pendatang di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) telah bersiap untuk mudik ke kampung halaman masing-masing. Atas dasar itu Dinas Perhubungan Kabupaten Bolmut menyatakan, arus mudik dari Bolmut ke kota-kota tujuan seperti Manado, Kotamobagu atau Gorontalo, masih akan didominasi oleh kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua. Pasalnya, rata-rata pendatang di Bolmut, berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan telah memiliki kendaraan pribadi.  “Pengguna roda empat diperkirakan mencapai puluhan, demikian juga dengan roda dua, yang jika dikalkulasi akan ada sekitar 500-an kendaraan pribadi yang akan mudik dari Bolmut menuju kota-kota tujuan seperti Manado, Kotamobagu dan Gorontalo,“ ujar Sekdis Perhubungan (Dishub) Sriwahyuni Pontoh, Selasa (26/4/2022).

Dinyatakannya, jumlah PNS Bolmut yang belum memiliki kendaraan pribadi bisa dihitung dengan jari, sehingga khusus angkutan umum, sepertinya belum menjadi pilihan utama pada arus mudik kali ini. “Makanya Dishub tidak mengagendakan persiapan angkutan umum khusus mudik warga, karena tidak akan ada peningkatan volume mudik lewat angkutan umum,” ujarnya.

Kendati demikian, Pihak Dishub turut memberi perhatian pada problem klasik yang kerap menghadirkan kecelakaan lalu lintas di jalur Trans Sulawesi wilayah Bolmut. Untuk itu, Dishub menempatkan rambu-rambu khusus pada titik-titik rawan lalu lintas. Salah satu yang menjadi perhatian adalah jalur Trans Sulawesi wilayah Kecamatan Pinogaluman yang masih dalam tahapan pengerjaan, dan banyak meninggalkan lubang-lubang galian jalan. “Kami telah menghimbau dan akan terus memperingatkan pihak kontraktor untuk memasangi rambu jalan yang berwarna terang berbahan scot lite. Jika tidak diindahkan jelas kami akan ambil sikap, karena dapat membahayakan para pengendara,“ pungkas Sri.(sir)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button