DAERAH

Refleksi Hut Ke-15, Sebagai Daerah Otonom, Bolmut Terus Bergerak Maju

Bolmut, dotNews.id – Di usia belia yang ke-15 tahun, berbagai kemajuan terus digapai Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Hal inilah yang disampaikan Bupati Bolmut Drs H Depri Pontoh, dalam amanatnya saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (Hut), Kabupaten Bolmut ke-15, di halaman Kantor Bupati Bolmut, Senin (23/5/2022).  “Lima belas tahun sudah Kabupaten Bolmut berdiri sebagai daerah otonom dari pemerintahan periode tahun 2007, hingga kini berbagai kemajuan daerah telah dicapai,” kata Depri.

Dikatakannya meski sempat tersandung dan hampir jatuh akibat terpaan keras Covid-19, tetapi Bolmut masih berpegang dan konsisten, dimana torehannya kini pertumbuhan ekonomi diakhir tahun 2021mencapai 3,79%, mulai membaik dibandingkan tahun 2020 yang hanya mencapai 0,71%. Hal ini menunjukkan bahwa perekonomian di Kabupaten Bolmut berangsur membaik pasca pandemi Covid-19.
“Dari sisi peningkatan kualitas sumber daya manusia, dapat dikatakan cukup baik. Hal ini diindikasikan dengan selalu meningkatkan indeks pembangunan manusia dari angka 66,99 poin pada tahun 2020 menjadi 67,39 poin di tahun 2021. Pengentasan kemiskinan terus pula kita upayakan secara strategis dan terpadu. Dimana angka kemiskinan
mengalami penurunan 0,38% dari tahun 2020 yaitu 8,41% menjadi 8,03% pada tahun 2021. Dan angka pengangguran terbuka berada pada 5,2%, tahun 2021, namun demikian pencapaian ini masih perlu ditingkatkan lagi di tahun-tahun yang akan datang,” sebutnya.

Pun demikian, bupati mengingatkan semua capaian tersebut hendaknya tidak membuat kita berpuas diri, namun perlu dimaknai bahwa semua yang dicapai merupakan akumulasi gabungan dari sumbangsih dan kerja keras lintas generasi dari para pendiri daerah hingga kini. Dengan itu, dia mengajak semua pihak untuk terus memacu kualitas dan kuantitas pembangunan daerah, kinerja pemerintahan yang efektif dan produktif, kinerja pelayanan publik yang mudah, sederhana dan berpihak pada masyarakat. “Peringatan HUT ini merupakan momentum yang tepat untuk melanjutkan pembangunan dan memperbaharui tekad serta komitmen untuk melangkah bersama dengan terobosan yang lebih baik,” tutup Depri.

Sementara itu Wabup Bolmut, Drs H Amin Lasena MAP menyampaikan, tujuan utama yang dicapai daerah otonom adalah untuk memperlancar proses pembangunan di daerah. Menurutnya, dimekar kannya Kabupaten Bolmut dibarengi dengan ekspektasi daerah ini mampu berpartisipasi dalam pembangunan Sulawesi Utara. Bolmut memiliki kekayaan alam, potensi pariwisata dan lain-lain serta ditunjang dengan sumber daya manusia yang memadai. “Karena itu kami mengajak seluruh elemen di Kabupaten Bolmut agar lebih jeli dan tanggap terhadap peluang-peluang untuk mengembangkan potensi yang ada demi kemajuan daerah. Hal itu ditentukan oleh sinergitas antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Akan menjadi tepat peringatan HUT ini, jika semua komponen masyarakat Bolmut, bersatu dan bekerjasama membangun daerah,” ajak Amin.

(sir)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button