DAERAH

Sangkub Gerbang Utama Mobilisasi Ekonomi

Bolmut, dotNews.id – Secara geografis, Kecamatan Sangkub, merupakan pilar penting dan gerbang utama proses mobilisasi ekonomi dan kebudayaan masyarakat Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut).

Oleh karena itu, dengan dukungan basis pertanian yang strategis, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah menetapkan bahwa wilayah tersebut adalah sebagai pusat pengembangan pertanian di Kabupaten Bolmut. Hal ini disampaikan Bupati Bolmut Drs Depri Pontoh, Senin (24/4/2023).

Menurutnya untuk mendukung langkah tersebut, maka pada tahun anggaran sebelumnya, Pemkab Bolmut, telah mengupayakan beberapa peningkatan kapasitas daya dukung pertanian seperti jalan menuju sentra-sentra produksi khusus jalan sangkub-pangkusa senilai Rp1.309.530.000, kegiatan pengembangan lumbung pangan desa di Desa Tombolango Rp 187.750.000, dan pengembangan jaringan air bersih air permukaan senilai Rp407.779.000.

“Sedangkan pada sector lain, telah dianggarkan beberapa kegiatan peningkatan kapasitas hasil peternakan, peningkatan sarana umum seperti, rehabilitas Puskesmas, Pembangunan Pustu, Pembangunan Resting Area Perbatasan, Bantuan Hibah untuk pembangunan Masjid, Gereja, dan bantuan social lainnya,” papar bupati.

Ditambahkannya, keberhasilan pelaksanaan program-program pembangunan di daerah, tidak saja tergantung pada pemerintah daerah, melainkan juga sangat ditentukan oleh daya dukung dan kemampuan mengawasi secara bersama-sama oleh masyarakat yang ada di wilayah masing-masing.

Oleh karena itu kata bupati, tumbuhnya daya kritis pada masyarakat adalah dinamika positif yang dapat membantu pemerintah daerah dalam mengevaluasi setiap program pembangunan.

Perkembangan masyarakat ini menuntut pemerintah, baik kabupaten maupun kecamatan untuk lebih proaktif dan responsive dengan dinamik yang tumbuh pada masyarakat.

“Permasalahan yang terjadi di masyarakat tidak akan pernah habisnya, bahkan akan semakin berkembang dan semakin kompleks sejalan dengan kehidupan masyarakat itu sendiri.  Oleh karena itu kami mengajak seluruh komponen masyarakat agar dapat bekerjasama, saling memberikan masukkan dan saran untuk kemajuan bersama,” tutur bupati.(**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button