DAERAH

Wabup Sampaikan Besaran Zakat Fitra

Bolmut, dotNews.id – Wakil Bupati Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) Drs Amin Lasena MAp mengajak  umat muslim di daerah tanah adat tersebut agar dapat meningkatkan pembayaran Zakat, Infaq dan Shodaqoh.

Himbauan ini disampaikan Wabup diberbagai kunjungan silaturahim Ramadhan 1444 H, selama bulan puasa melalui kegiatan blusukan.

Dalam penyampaiannya diberbagai acara Ramadhan, Wabub yang juga sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bolmut mengatakan, dalam menunaikan Zakat masyarakat perlu mengetahui tata cara yang tepat.

“Bayar Zakat dilakukan melalui lembaga zakat atau unit pengumpul Zakat (UPZ) agar penyalurannya dapat dilakukan secara merata dan tepat sasaran,” katanya, Kamis (30/3/2023).

Menurutnya, berdasarkan Keputusan Kementerian Agama Kabupaten Bolmut Nomor 41 Tahun 2023, besaran Zakat Fitra untuk beras sebanyak 2,5 kilo garam.

Untuk kelasnya disesuai dengan harga beras yang kita konsumsi. Misalnya untuk harga beras di Bolmut tahun 2023 bervariatif dari Rp10.000 sampai dengan Rp13.000 perkilo garam.

“Jika kita mengkonsumsi beras dengan harga 13.000 ribu, dikalikan 2,5 Kg untuk dua orang tanggungan dalam keluarga, maka hitungan besaran Zakat Fitra yang harus kita keluarkan kurang lebih mencapai 32.500 rupiah,” paparnya.

Dikatakan menunaikan zakat, infaq dan sedekah pada bulan Ramadhan adalah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari muslim yang mampu, sekaligus menyucikan jiwa serta harta yang dimiliki sehingga rezeki orang berzakat akan terus diberkati.

“Jika kita banyak beramal dan berzakat, niscaya rezeki daerah ini akan terus bertambah,” ungkapnya.(**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button