DAERAH

75 Miliar Dandes Bolmut, Harus Bermanfaat Untuk Masyarakat

147
×

75 Miliar Dandes Bolmut, Harus Bermanfaat Untuk Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Pelaksanaan program yang bersumber dari dana desa harus dilaksanakan dengan transparan sesuai regulasi

Bolmut,dotNews.id – Tahun ini, total anggaran program Dana Desa (Dandes) yang dialokasikan oleh Pemerintah Pusat untuk 106 Desa di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) kurang lebih berjumlah Rp75 Miliar.

Sejumlah pemerhati pun berharap agar penggunaan anggaran ini harus benar-benar bermanfaat untuk masyarkat. “Sekiranya kami berharap agar pemerintah desa dapat memperhatikan hal tersebut. Sehingga dengan begitu penggunaan anggaran desa ini betul-betul berorientasi pada kemaslahatan masyarakat,” tanda Rusmin Mokodompis, Minggu (29/1).

Sementara itu Kepada wartawan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolmut, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Desa (Pemdes), Usman Jarumia mengatakan, Untuk total keseluruhan dana desa tahun 2023 mencapai Rp75.982.462.000

Lanjutnya, untuk proses transfer selanjutnya, Dandes ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD), masih menunggu setelah dokumen Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) rampung disiapkan oleh seluruh desa penerima. “Setelah itu prosesnya, DPMD akan mengusulkan ke DKPP untuk proses permintaan anggaran,” terangnya.

Ia pun menginformasikan, jika saat ini, seluruh desa penerima dan pengelola Dandes tengah dalam dalam proses perampungan dokumen APBDes tahun 2023. “Saat ini semua desa dalam proses mempersiapkan dokumen APBDes masing-masing,” sebutnya.

Ia pun menambahkan, terkait dengan mekanisme realisasi Dandes tahun ini, masih sama dengan tahun kemarin yakni dilakukan sebanyak tiga tahap. “Untuk tahap pertama dan kedua sebanyak 40 persen dan tahap ketiga 20 persen. Syarat lainnya yakni mengajukan laporan pertangungjawaban Dandes tahun 2022, dan yang terakhir peruntukan anggaran desa ini harus benar-benar bermanfaat untuk masyarakat,” pungkas Usman.(rez)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *