DAERAH

Bolmut Layak Pengembangan Budidaya Udang Vaname, Jusnan : Pemkab Siapkan 500 Hektare Lahan

Bolmut, dotNews.id – Sebagai daerah pesisir, Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) sangatlah strategis bila dijadikan daerah pengembang budidaya udang vaname.

Hal ini juga menjadi salah satu solusi peningkatan ekonomi daerah dan terserapnya tenaga kerja lokal.

Kepada wartawan, Sekretaris Daerah (Sekda), dr Jusnan Mokoginta MARS mengatakan, sebagai daerah strategis pesisir pantai, Bolmut telah dilirik berbagai investor untuk pengembangan budidaya udang vaname.

“Untuk itu dalam waktu dekat ini, pemerintah daerah akan melakukan kunjungan di beberapa daerah pengembang budidaya udang vaname guna menyerap tatacara dan mekanisme terkait pelaksanaan kerja samanya dengan pihak investor yang tentunya berdasarkan ramah lingkungan,” kata Jusnan, Kamis (4/5/2023).

Menurutnya lagi, berdasarkan laporan, untuk ketersediaan lahan pengembangan budidaya udang vaname di Bolmut kurang lebih ada sekitar 500 hektar.

“Tentunya ketersedian lahan ini menjadi kriteria ideal bagi para investor sehingga mereka begitu antusias untuk melakukan kerjasama pengambangan udang vaname di Bolmut,” ujar Jusnan.

Pun begitu tandas Jusnan, pihaknya tidak serta merta langsung menelan tawaran tersebut, sebab ada mekanisme yang harus dipelajari terlebih dahulu oleh pemerintah daerah.

“Terkait mekanismenya harus kita pelajari dulu bagaimana dan seperti apa. Dan tahap awalnya kita akan lakukan sosialisasi kepada masyarakat sembari menyiapkan aturan dan persyaratannya untuk para investor jika ingin melakukan kerja sama,” pungkasnya.(**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button