INTERNASIONAL

Diserang Rusia, Presiden Ukraina Sampaikan Pesan Menyedihkan

Jakarta,dotNews.id – Pasca serangan Rusia. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, melaporkan kondisinya di Ibu Kota Kyiv Ukraina, Jumat (25/02/22).

Volodymyr menyebut mungkin ini merupakan detik-detik terakhir dunia melihatnya hidup. Mengutip Newsweek, hal itu ia sampaikan dalam sebuah pertemuan daring dengan beberapa pemimpin Uni Eropa (UE).

Zelensky sendiri mengatakan bahwa dirinya dan keluarga telah dijadikan target operasi militer yang dilancarkan tetangga negara pimpinannya itu. “Ini mungkin terakhir kalinya Anda melihat saya hidup,” ujar presiden, kepada beberapa pemimpin Benua Biru.

Sementara itu, pasukan Rusia dilaporkan sudah mulai memasuki wilayah Kyiv sejak Kamis siang waktu setempat. Militer negara pimpinan presiden Vladimir Putin itu disebut-sebut juga telah menguasai beberapa aset strategis milik tentara Ukraina. “Pertempuran sengit saat ini sedang berlangsung di kota Vasylkiv di wilayah Kyiv, di mana penjajah berusaha mendaratkan rombongan pendaratan,” kata angkatan bersenjata, seperti dilansir CNN.

Tak hanya dengan pertempuran darat, sebuah laporan juga menyebut Rusia menggunakan rudal balistik untuk melumpuhkan pertahanan Ukraina. Bahkan, Moskow disebut menggunakan 4 rudal balistik yang diluncurkan dari wilayah Belarus ke arah Kyiv. “Empat rudal balistik ditembakkan dari wilayah Republik Belarus ke arah barat daya,” sebut Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina, Valeriy Zaluzhny.

Operasi militer Rusia ke Ukraina kali ini disebutkan Putin sebagai tindakan untuk melakukan demiliterisasi mengingat niat Kyiv untuk bergabung dengan NATO. Selain itu, Rusia menyebut aksi ini merupakan bentuk bantuan dan perlindungan bagi masyarakat etnis Rusia di wilayah Donbass yang saat ini disengketakan dengan Ukraina.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button