DAERAH

Gaet Karang Taruna dan Masyarakat, Pemdes Talaga Lestarikan Tradisi ‘Monunjulo Lambu’ Atau Malam Pasang Lampu

Bolmut, dotNews.id – Di tiga malam akhir Ramadhan, sebelum berkumandangnya takbir jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri, seluruh umat muslim di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), memiliki tradisi turun temurun yang masih kental dilestarikan. Tradisi ini disebut oleh masyarakat setempat ‘Monunjulo Lambu’, atau malam pasang lampu.

Tak heran jika pemerintah dan masyarakat begitu antusias melaksanakan hajatan malam pasang lampu ini, seperti halnya dilakukan oleh Pemerintah Desa Talaga, bersama Karang Taruna dan masyarakat setempat.

Pantauan media ini, lampu tampak berjejeran rapih dan terlihat indah pada malam hari di sepanjang jalan Desa Talaga Kecamatan Bolangitang Barat ini . “Selain berkumpul, kami datang kemari untuk berfoto selfi melihat keindahan ribuan cahaya lampu yang ditata rapi sehingga menghasilkan obyek wisata religi,” ujar Risna Wati, salah satu pengunjung Monunjulo Lambu, di Desa Talaga, Jumat (29/4/2022) Malam.

Sementara itu Sangadi Desa Talaga Aprisal Pohontu mengatakan, tradisi kali ini bukan hanya memasang lampu di depan rumah warga saja, tapi dipasang di sepanjang jalan Desa Talaga. “Terlaksananya pelestarian tradisi malam pasang lampu atau Monunjulo Lambu ini, atas kerjasama masyarakat dan pemuda karang taruna Desa Talaga,” kata Aprisal.

Menurutnya lagi, pemasangan malam pasang lampu ini, selain melestarikan tradisi turun temurun, juga menjadi wisata religi bagi warga, khusunya di Kabupaten Bolmut. “Memang ini sudah menjadi tradisi warga dari dulu, dimana setiap tahun jelang akhir Bulan Ramadan, kami selalu membuat malam pasang lampu itu lebih meriah dan juga untuk wisata religi,” pungkasnya.

(rap)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button