OLAHRAGA

Mentereng di Papan Atas Peringkat FIFA, Belgia Tim Favorit Piala Dunia 2022

Sprot,dotNews.id – Akan tampil di Piala Dunia 2022 Qatar, Timnas Belgia menjadi salah satu tim favorit juara. Mereka sempat menjadi tim nomor satu dunia di peringkat FIFA selama tiga tahun sebelum tergeser di bawah Brasil ke urutan kedua hingga saat ini

Belgia sering dijuluki sebagai salah satu negara sepak bola paling berbakat tetapi belum pernah memenangkan Piala Dunia. Kini, mereka akan kembali bersaing dengan tim-tim lain untuk memburu gelar juara dunia.

Piala Dunia Qatar ini akan menjadi penampilan mereka ke-14 di turnamen ini. Sejak debutnya 1930, Belgia dua kali berhasil sampai ke semifinal pada 1986 dan 2018.

Empat tahun lalu, Belgia kembali lolos ke semifinal. Namun, lagi-lagi mereka gagal ke final. Kali ini, mereka kalah 1-0 dari Prancis yang kemudian juga menjadi juara. Tetapi Belgia bisa mencatat hasil lebih baik dibanding Piala Dunia 1986. Di Piala Dunia Rusia 2018, mereka finis di urutan ketiga setelah mengalahkan Inggris 2-0.

Beberapa pemain yang sebelumnya tampil di Piala Dunia 2018, akan kembali memperkuat Belgia untuk berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka di antaranya, Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, dan penjaga gawang Thibaut Courtois. Semuanya adalah superstar dengan berbagai penghargaan untuk klub masing-masing.

Akankah Belgia berhasil menyabet trofi Piala Dunia 2022 di bawah Roberto Martinez? Sebagian warga Belgia sendiri ragu Martinez akan mampu membawa tim asuhannya menjadi juara. “Ekspektasi di Belgia tidak terlalu tinggi,” kata Kristof Terreur, koresponden sepak bola Eropa untuk 5Live, dialnsir Tempo.com. “Saya bertemu dengan beberapa orang dan mereka mengatakan bahwa kami tidak akan bertahan di babak penyisihan grup karena kami berada di grup yang sulit dengan Kanada dan Maroko yang selalu bisa membuat kejutan. Dan kemudian ada juga Kroasia, tentu saja,” sambungnya.

“Saya pikir jika kami berhasil mencapai perempat final, itu sudah sukses. Jadi, itulah yang tertinggi yang mungkin bisa kami dapatkan. Jika kami mencapai semifinal atau final, itu akan menjadi kejutan besar,” ujarnya.

Belgia yang kini menjadi tim papan atas dunia di rangking FIFA akan menghadapi Kanada dan Maroko lebih dulu sebelum melawan Kroasia di laga akhir penyisihan Grup F Piala Dunia 2022.

Kroasia akan menjadi tim yang tidak mudah dihadapi. Meski peringkatnya di bawah Belgia, mereka adalah runner up Piala Dunia 2018. Ketika itu mereka gagal menjadi juara setelah kalah 4-2 dari Prancis di final.

Namun, kekuatan Kroasia akan mirip dengan Belgia. Mereka memiliki skuad yang mungkin akan menurun, tetapi duel kedua tim ini diprediksi masih akan sangat kompetitif.

Sebelum berlaga di Qatar, Timnas Belgia akan menjalani dua pertandingan persahabatan untuk pemanasan, yakni menghadapi Irak pada 15 November dan Mesir tiga hari kemudian.

Pemain Kunci

Timnas Belgia akan tiba di Qatar untuk perhelatan akbar sepak bola dunia pada 20 November – 18 Desember dengan diperkuat sejumlah pemain top yang membuat lawan-lawannya gentar.

Kevin De Bruyne yang kini bermain untuk Manchester City dianggap sebagai gelandang terbaik dunia saat ini. De Bruyne bisa memberikan umpan-umpan matang yang dibutuhkan penyerang Romelu Lukaku, penyerang paling berbahaya di dunia.

Eden Hazard, kapten tim di Piala Dunia 2018 lalu, saat ini tengah berusaha menemukan perfoma terbaiknya. Kepindahannya dari Chelsea ke Real Madrid pada 2019 terbukti tidak sesuai rencana sang striker. Meski begitu, kini Hazard sedang dalam suasana hati yang baik dan siap bermain untuk tim nasional.

Setelah kegagalan mereka di Piala Dunia empat tahun lalu, meski telah berhasil ke semifinal, Timnas Belgia yang diperkuat pemain generasi emas ini diprediksi bakal bermain ngotot untuk bisa meraih hasil yang terbaik di Piala Dunia Qatar.

Perkiraan Skuad Belgia untuk Piala Dunia 2022:

Kiper: Thibaut Courtois, Koen Casteels, Simon Mignolet, Matz Sels

Pemain belakang: Toby Adderwireld, Arthur Theate, Zeno Debast, Thomas Meunier, Timothy Castagne, Brandon Mechele, Dedryck Boyata, Jason Denayer, Wout Faes.

Gelandang: Kevin De Bruyne, Charles De Ketelaere, Leander Dendocker, Eden Hazard, Thorgan Hazard, Amadou Onana, Hans Vanaken, Axel Witsel, Youri Tielemans, Leandro Trossard.

Pemain depan: Dries Mertens, Yannick Carrasco, Dodi Lukebakio, Lois Openda, Michy Batshuayi, Romelu Lukaku.(**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button