NASIONAL

BMKG Pasang Alat Pendeteksi Tsunami di Manado dan Bitung

134
×

BMKG Pasang Alat Pendeteksi Tsunami di Manado dan Bitung

Sebarkan artikel ini

Jakarta,dotNews.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Sulawesi Utara (Sulut), memasang pendeteksi dini tsunami di Kota Manado dan Bitung. “Alat deteksi dini tsunami itu sudah diuji coba,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya di Manado, yang dilansir Antara.

Menurutnya, uji coba sirine itu berlangsung setiap bulan, tepatnya di tanggal 26, pukul 10.00 Wita, untuk memastikan alat yang dipasang tersebut berfungsi baik.

Tony juga menerangkan cara kerja alat pendeteksi tsunami tersebut. Jadi, ketika terjadi gempa yang berpotensi tsunami, maka BMKG menyampaikan informasi peringatan dini kepada kepala pemerintah daerah atau instansi terkait lainnya seperti BPBD. “Jadi yang akan memencet tombol sirine peringatan dini tsunami tersebut yaitu pemerintah daerah,” terangnya.

Lanjutnya, saat masyarakat mendengarkan bunyi sirine itu, mereka diharapkan langsung segera meninggalkan kawasan pesisir pantai, lalu mencari tempat yang aman.

Tony menjelaskan, sirine ini akan menjadi bentuk peringatan bagi masyarakat untuk bersiaga sekaligus mengurangi dampak yang ditimbulkan ketika terjadi bencana tsunami.

Sirine tersebut, kata dia, akan berbunyi saat terjadi gempa berpotensi tsunami yang sumber gempanya berada di laut.

Selain itu, syarat selanjutnya yakni mekanisme terjadinya pergerakan gempa vertikal, magnitudo di atas 7,0 serta terjadi gempa dangkal di bawah 10 kilometer.

(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *