DAERAH

Dandes Harus Fokus Pada Pengembangan Ekonomi Desa

Bolmut, dotNews.id – Seluruh aparat desa di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), harus berani berinovasi dalam mengelola, mengembangkan serta meningkatkan potensi-potensi perekonomian di desa masing-masing. Terlebih dengan adanya kucuran dana desa (Dandes), yang rata-rata mencapai hampir Rp1 Miliar, setiap tahunnya.
Tentu dengan anggaran yang ada tersebut, fokus pembangunan ekonomi harus lebih maksimal lagi.

Hal itu pun disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kabupaten Bolmut, Fadly T Usup, ketika di temui awak media belum lama ini. “Adanya Dandes harusnya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dalam menggarap potensi-potensi sumber peningkatan ekonomi desa yang tujuannya demi kesejahteraan masyarakat desa. Untuk mencapai itu, tentunya perlu inovasi yang konstruktif dari pemerintah dan masyarakatnya,” kata Fadly.

Seperti halnya, banyak desa-desa di Bolmut yang memiliki potensi wisata, seperti pantai, alam dan kuliner. Jika potensi itu jadi fokus pengembangan pada Program Pemdes lewat Dandes, maka akan lebih baik dan hasilnya pun dapat menambah pundi-pundi pendapatan asli desa (PADes). “Kegiatan seperti itu bisa membantu perekonomian masyarakat dan mampu menambah penghasilan desa. Jadi jangan takut berinovasi untuk kemajuan desa, asalkan tidak menabrak aturan dan regulasi yang ada,” tuturnya.

Menurut Fadly, Pemkab Bolmut akan mendorong agar Dandes di Bolmut dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat lewat kegiatan yang meningkatkan PAD desa. “Pemerintah daerah sendiri sejauh ini terus mensuport program-program di desa. Apalagi desa yang fokus pada pengembangan ekonominya. Bahkan untuk mendukung program desa ini, beberapa sarana dan prasarana penunjang turut disediakan oleh Pemkab dalam memacu laju pertumbuhan ekonomi di desa tersebut,” pungkasnya.

(sir)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button