DAERAH

Dinkes Bolmut Ketuk Pintu, Sasar Desa Terisolir

Bolmut,dotNews.id – Lindungi masyarakat dari berbagai bibit penyakit, menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut. Untuk itu Pemkab melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melakukan berbagai langkah antisipasi. Salah satunya program skrining penyakit lewat Gerakan Ketuk Pintu.

Kepada harian ini, Kepala Dinkes Bolmut melalui Kabid Pengendalian Penyakit Febyanto Lumoto SKM mengatakan, program Ketuk Pintu Dinkes Bolmut, bergerak untuk mendeteksi penyakit yang kapan saja bisa menyerang masyarakat. “Intinya program ini untuk membentengi dan mengobati masyarakat dari berbagai serangan penyakit,” kata Feby, Senin (10/10).

Diterangkannya hingga saat ini, Dinkes terus bergerak untuk menyasar seluruh wilayah di Kabupaten Bolmut, terlebih khusus bagi masyarakat yang bermukim di daerah-daerah terisolir. “Saat ini, terlebih utama yang kita kunjungi untuk masyarakat yang berada di desa terisolir dan akan kita sasar satu per satu hingga ke tingkat kecamatan dan kabupaten,” sebutnya.

Ditambahkan, selain melakukan skrining penyakit, Dinkes juga melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang macam-macam bibit penyakit serta tatacara pengobatannya. “Khusus bagi masyarakat yang terdeteksi diserang penyakit langsung kita lakukan pengobatan di tempat dan menganjurkannya untuk melakukan pengontrolan secara rutin di Puskesmas-Puskesmas terdekat atau RSUD,” pungkasnya.

Sementara itu, sejumlah masyarakat berharap program ketuk pintu tidak hanya berakhir pada tahun ini saja, namun harus berkesinambungan hingga ketahun-tahun berikutnya. Dengan begitu masyarakat benar-benar bisa terlayani dengan adanya program tersebut. “Kami mengapresiasi adanya program ketuk pintu Dinkes Bolmut. Untuk itu kami berharap ini dapat berjalan konsisten hingga ke tahun-tahun berikutnya,” tutur Yunius Lukas, salah satu warga Desa Sang, Kecamatan Sangkub.

(fis)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button