DAERAH

Pengelolaan Dandes Bolmut, Jangan Kaku

Bolmut, dotNews.id – Wakil Bupati Bolmut Drs Amin Lasena MAp mengingatkan, agar perangkat desa tidak takut mengelola dana desa (Dandes), sepanjang pengelolaannya melibatkan masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta tidak melanggar aturan hukum yang ada. “Dipastikan akan aman dan berjalan lancar,” singkatnya, Senin (21/03/22).

Menurutnya dengan adanya Dandes ini, pemerintah desa yang sebelumnya lebih banyak hanya sebagai pelaksana kegiatan sekarang bisa terjun langsung dan ikut terlibat mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi sampai pertanggung jawaban.

Untuk mengantisipasi segala kemungkinan, tandas Amin, pihaknya telah mengadakan sejumlah pelatihan. “Tujuannya agar pemerintah desa lebih menguasai administrasi keuangan, sehingga dapat mengelola dana desa dengan baik. Jangan sampai karena ketakutan mengelola Dandes justru menghambat semua kegiatan yang sudah direncanakan desa itu sendiri,“ tuturnya.

Ditambahkannya, Dandes tersebut  harus digunakan dengan sebaik-baiknya, peningkatan SDM perangkat desa sangat penting. Tidak hanya untuk pengelolaan dana desa tapi juga lainnya. “Selama penggunaanya tetap transparan dan mengacu pada regulasi yang ada, perangkat desa jangan takut untuk mengelola dana desa,” tutup Amin.

(sir)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button