DAERAH

Penyusunan APBD Bolmut 2023, Harus Menjawab Kebutuhan Masyarakat

170
×

Penyusunan APBD Bolmut 2023, Harus Menjawab Kebutuhan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Bolmut,dotNews.id – Sejumlah pemerhati Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), kembali mengingatkan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), agar rencana program tahun 2023 benar-benar berorientasi menjawab kebutuhan masyarakat. Arifin Bolota, salah satu pemerhati Bolmut mengatakan, harapan masyarakat terhadap pemerintah daerah sangatlah besar. Sebab, program-program yang telah direncanakan oleh pemerintah yang nantinya disepakati oleh DPRD Bolmut, semuanya untuk kebutuhan masyarakat dan kemajuan daerah. “Tidak ada pilihan lain dan wajib hukumnya, perencanaan harus benar-benar berkualitas dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat bukan pada kelompok dan lain sebagainya,” katanya, kepada para awak media Senin (21/11).

Selain itu pula, dia mengingatkan agar kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut, untuk berinovasi dalam budaya kerja. “ASN harus kreatif dan inovatif dan betul-betul ada kreasi baru yang dihadirkan dalam rangka pelaksanaan visi dan misi Kabupaten Bolmut,” ujarnya.

Terkait dengan serapan anggaran tahun ini, lanjut Arifin, agar jajaran SKPD mempercepat realisasi program. “Serapan anggaran Pemkab Bolmut belum berjalan sesuai harapan dan ini harus menjadi perhatian,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh, tetap berkomitmen tegas. Orang nomor satu di Kabupaten Bolmut ini meminta seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bolmut, mempersiapkan daftar usulan yang dibawa pada Rapat Paripurna penyusunan APBD 2023 nanti harus memiliki out put yang jelas dan menghasilkan bagi daerah. “Ini juga merupakan bentuk upaya pemerintah daerah dalam menghindari pemborosan anggaran, karena usulan-usulan yang seharusnya tidak perlu untuk dianggarkan. Intinya penyusunan anggaran 2023 nanti, semua program harus jelas, tepat dan menguntungkan bagi masyarakat,“ tandas Depri.

(fais)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *