DAERAH

Sering Tak Mengalir, Pengelolaan PDAM Bolmut, Dikeluhkan

Bolmut,dotNews.id – Seperti kata orang pada umumnya bahwa sahnya sumber air so dekat. Sayangnya di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), program mulia air bersih yang dilahirkan pemerintah setempat ini belum berjalan sesuai harapan. Padahal pelaksanaan ujicobanya pun sudah dilaksanakan sejak tiga tahun terakhir ini.

Seperti dikatakan Herry, salah satu Warga Desa Boroko Utara, mengeluhkan program air bersih yang dikelolah oleh PDAM di bawah Dinas PUPR Bolmut ini, selalu saja padam alias mati total. “Sudah dua bulan terakhir ini, air bersih yang di kelolah PDAM tidak mengalir alias mati total. Tak mengalirnya air bersih ini sejak pagi hingga sore hari. Kalau pun mengalir hanya pada waktu malam hari yakni Pukul 23.00 Wita. Itu pun dengan debit air yang sangat kecil,” keluhnya.

Atas dasar itu, dirinya berharap ini jangan dibiarkan berlarut-larut oleh pemerintah daerah, harus ada solusi yang cepat dan tepat, sebab air bersih adalah sumber penghidupan bagi masyarakat. “Sejatinya kami sangat bergantung pada air bersih ini, guna memenuhi keperluan keluarga sehari-hari seperti mencuci, memasak dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bolmut Rudini Masuara ST, ketika diminta tanggapannya membenarkan hal tersebut. Hanya saja menurut dia kejadian ini akibat adanya perbaikan jaringan instalasi penampung dari lokasi induk pengelolaan air bersih.
“Kesalahannya ada pada jaringan instalasi, sehingga debit air menjadi berkurang. Seharusnya air yang masuk 10 liter perdetik, sekarang kurang dari pada itu. Nah jaring tersebutlah yang saat ini kita perbaiki. Muda-mudahan cepat terselesaikan,” terangya.

(rap)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button