NASIONAL

DPR Kaget, Mobil Esemka Ternyata di Impor dari China

130
×

DPR Kaget, Mobil Esemka Ternyata di Impor dari China

Sebarkan artikel ini

Jakarta,dotNews.id – Industri otomotif mobil Esemka yang di elus-elus buatan dalam negeri Indonesia, belakangan diketahui impor dari negara China. Anggota DPR RI Fraksi PKS, Mardani Ali Sera pun mengaku kaget. “Infonya mengejutkan, karena persepsinya itu buatan dalam negeri,” kata Mardani seperti melansir rmol.id.

Namun begitu, Ketua DPP PKS ini menilai dalam dunia bisnis sebetulnya bebas kerjasama dengan siapapun termasuk negara tirai bambu.

Hanya saja, seharusnya bisnis negara seharusnya bisa manfaat. “Jadi, pelajaran tidak ada kerja yang mudah membangun industri. Dari hulu ke hilir termasuk dukungan riset dan pembiayaan tidak sederhana,” tukasnya.

Sebelumnya, mobil Esemka muncul di ajang pameran otomotif International Motor Show (IIMS) 2023, yang digelar mulai 16 hingga 26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Mobil yang sering dijadikan sebagai ikon mobil buatan nasional itu ternyata bukan produksi dalam negeri, melainkan diimpor dalam bentuk completely built up (CBU) langsung dari China. “Sementara masih diimpor tuh dari China tapi di masa depan bukan tidak mungkin akan kami produksi sendiri di Tanah Air,” kata Direktur Utama Esemka Eddy Wirajaya dikutip Jumat (17/2).

(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *