DAERAH

Jangan Ada Dusta, Pemdes Talaga Umumkan Infografis APBDes Tahun 2022 Lewat Pemasangan Baliho

Bolmut, dotNews.id – Taat aturan UU No.6 Tahun 2014, salah satunya menyebutkan adalah pemasangan Baliho Infografis APBDes. Infografis tersebut sebagai sarana publikasi keterbukaan informasi kepada masyarakat tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau biasa disebut APBDes.

Memenuhi hal tersebut, Pemerintah Desa Talaga, Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolmut, melakukan pemasangan Baliho Infografis APBDes tahun Anggaran 2O22, yang berisikan rincian pendapatan dan belanja desa berdasarkan kesepakatan lewat rapat terbuka bersama masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Pemasangan infografis ini juga merupakan salah satu wujud implementasi peraturan bupati (Perbup), tentang pengelolaan keuangan desa yang mengamanatkan bahwa, keuangan desa dikelola berdasarkan azas transparansi, akuntabel, partisipatif serta dilakukan secara tertib dan disiplin anggaran.

Kepada wartawan, Kepala Desa Talaga Aprisal Pohontu ketika diminta tanggapannya mengatakan, masyarakat khususnya Desa Talaga harus dapat mengetahui langkah kegiatan pemerintah desa selama tahun anggaran berjalan ini.

Menurutnya dengan pemasangan baliho infografis APBDes, pemerintah desa ingin menunjukkan bahwa dalam setiap pengelolaan APBDes harus dilaksanakan secara transparan. Dengan demikian, masyarakat juga dapat mengetahui besaran rincian pengelolaannya. “Transparansi anggaran desa merupakan bentuk pertanggungjawaban pihak pemerintah desa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat tentang realisasi penggunaan anggaran yang dikemas dalam program kerja pemerintah desa,” terangnya.

Lebih lanjut Sangadi pilihan masyarakat Desa Talaga ini mengatakan, pada dasarnya APBDes bukanlah sebuah hal yang harus dirahasiakan keberadaanya, semua unsur masyarakat berhak untuk mengetahui isi dari APBDes, dan tugas pemerintah desa adalah membuka informasi kepada masyarakat seluas-luasnya, agar partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa turut ikut serta.
“Jangan ada dusta, kami selaku pemerintah desa berharap masyarakat juga dapat mengetahui dan ikut mengawasi program-program pembangunan desa tahun angaran 2022,” pungkas Aprisal.

(rap)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button