HUKRIM

Tujuan Tagulandang, Penyelundupan Ribuan Liter BBM Pertalite ‘Bocor’

Manado,dotNews.id- Praktek penjualan, ribuan liter BBM bersubsidi jenis Pertalite dan belasan tabung LPG bersubsidi ukuran 3 kg secara ilegal, di wilayah Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, berhasil diendus tim Resmob Polres Kepulauan Sitaro, Sabtu (3/9).

Hal tersebut dibenarkan Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast. Menurutnya, BBM jenis Pertalite dan LPG tersebut dibawa melalui jalur laut dari Manado ke Biaro, selanjutnya menuju Tagulandang dan akan dijual kembali. “Modusnya berhasil diketahui, sehingga tak harus menunggu waktu lama, kami pun langsung bergerak untuk melakukan penangkapan,” ujarnya, Minggu (4/9).

Lebih lanjut dikatakannya, petugas mendapat informasi masyarakat terkait dugaan penyelundupan BBM dan LPG ke wilayah Tagulandang. “Informasi direspon cepat oleh petugas dengan melakukan penyelidikan, kemudian sekitar pukul 09:00 Wita mendatangi dermaga di area Pasar 66 Buhias Kecamatan Tagulandang,” kata Abraham.

Beberapa saat kemudian, petugas mendapati sebuah perahu transportasi mencurigakan yang bermuatan puluhan galon BBM dan juga belasan tabung LPG. “Kemudian dilakukan pemeriksaan, dan didapati 62 galon ukuran 25 liter dan 23 galon ukuran 20 liter yang masing-masing berisi Pertalite sekitar 2010 liter. Juga didapati 16 tabung LPG ukuran 3 kg, dengan perincian 10 tabung berisi gas dan 6 lainnya kosong,” terangnya.

BBM dan LPG ilegal tersebut diketahui dibawa oleh seorang pria berinisial MK (43), warga Kecamatan Biaro, Kabupaten Kepulauan Sitaro. “Barang bukti BBM dan LPG bersubsidi beserta pembawanya, kemudian diamankan di Mapolres Kepulauan Sitaro untuk diperiksa lebih lanjut,” tutup Abraham.

(randi)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button