PENDIDIKAN

Dikbud Bolmut Jamin Seluruh Anak Masuk Sekolah Negeri

Bolmut, dotNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut menjamin seluruh anak bisa masuk di Sekolah Negeri. Hal ini supaya para orang tua siswa tak terbebani soal biaya apapun. Pasalnya, pemerintah telah menjamin seluruh biaya tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bolmut Sulha Mokodompis mengatakan, pada tahun ajaran baru 2022/2023 ini, pola penerimaan peserta didik baru (PPDB) masih sama dengan tahun sebelumnya. “Semua siswa di daerah ini, baik dari kalangan keluarga berada atau tak mampu bisa sekolah di negeri tanpa syarat apapun,” kata Sulha, Senin (30/5/2022)

Diakuinya, kemudahan PPDB ini sudah dijalankan untuk kesekian kalinya. Tahun kemarin, merupakan langkah kesekian kalinya diberlakukan kebijakan tersebut. “Saya berharap, proses PPDB tahun ini pun bisa berjalan dengan baik seperti tahun sebelumnya,” harapnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, ada kebijakan lain yang juga mengatur soal penerimaan siswa baru di setiap sekolah. Yaitu memprioritaskan calon siswa baru asal desa/kelurahan setempat. Menurutnya kebijakan ini untuk mengantisipasi terjadinya dampak negatif saat PPDB di setiap sekolah. Salah satunya, meminimalisasi membludaknya pendaftar di satu sekolah, sedangkan di sekolah lain justru sepi peminat. “Pola seperti ini hampir mirip dengan sistem zonase. Dengan pola seperti ini, diharapkan ada pemerataan antar sekolah. Artinya, jangan sampai ada sekolah yang tidak kebagian siswa,” pungkasnya.

(sir)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button