DAERAH

Dikbud Bolmut Prioritaskan Peningkatan Pendidikan Daerah Terpencil

Bolmut,dotNews.id – Tahun 2023 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut, tetap akan memprioritaskan peningkatan pendidikan khususnya kawasan daerah terpencil yang ada di wilayah itu.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bolmut, Fadly Tajudin Usup, ketika di temui para awak media, Senin (5/12), di ruang kerjanya.

Menurutnya, pengembangan bidang pendidikan selama ini telah berjalan maksimal, namun masih perlu untuk ditingkatkan guna tercapainya peningkatan sumber daya manusia dan mutu serta kualitas anak didik di daerah tanah adat ini. “15 tahun terakhir, kami (Pemkab Bolmut, red), sudah banyak menyentuh peningkatan pendidikan dengan membangun sekolah-sekolah semua jenis tingkatan pada setiap wilayah kecamatan. Untuk sekolah setingkat SMU/sederajat dan SMP/SD juga sudah kami bangun pada 6  kecamatan yang ada di Bolmut,” ungkap Fadly.

Dituturkannya, program komitmen pemerintah daerah memang akan mengedepankan peningkatan ekonomi berbasis pertanian dan kelautan, tetapi masalah pendidikan termasuk sebagai salah satu program skala prioritas khususnya kawasan daerah terpencil yang sulit mendapatkan akses pendidikan. “Masih banyak anak-anak kita yang belum mendapatkan pelayanan pendidikan secara optimal pada wilayah terpencil, sehingga itu Pemkab akan terus mendorong agar peningkatan pendidikan di kawasan terpencil, minimal setara dengan kondisi pendidikan yang ada di ibukota kecamatan,” ujarnya.

Lanjutnya, pembangunan infrastruktur pendidikan tidak akan cukup untuk mendukung peningkatan SDM dan mutu serta kualitas anak didik, namun harus dibarengi dengan peningkatan kualitas tenaga pengajar atau guru-guru yang ada di daerah ini.

Olehnya tandas Fadly, para tenaga pendidik harus terus memacu diri dalam mengembangkan kemampuan, sehingga sekolah menghasilkan anak-anak didik yang berkualitas. “Tenaga pendidik harus melakukan evaluasi diri setiap saat dan mampu berkreasi sendiri untuk dijadikan bahan ajaran di bangku sekolah. Jika evaluasi ini dilakukan, maka kami yakin wajah pendidikan kita akan semakin bersinar,” kuncinya.

(rap)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button