DAERAH

Genjot PAD Bolmut, SKPD Diminta Kreatif Olah SDA

137
×

Genjot PAD Bolmut, SKPD Diminta Kreatif Olah SDA

Sebarkan artikel ini

Bolmut,dotNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Utara (Bolmut), terus konsisten mengenjot pundi-pundi Pendapatan Asli Daerahnya (PAD). Meski belum semuanya berpotensi menghasilkan, namun pemerintah daerah mengaku optimis tahun ini PAD Bolmut akan lebih baik ketimbang tahun kemarin.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Bolmut Sirajudin Lasena SE MEc.Dev, belum lama ini. Menurutnya, sejumlah item retribusi dan pajak, terus memperlihatkan perkembangan yang cukup baik. Diantaranya, retribusi Restoran, Rumah Makan, Hotel, Penginapan serta usaha Kos-kosan di daerah ini.

Diterangkannya, khusus Retribusi Restoran dan Rumah Makan, diterapkan lewat Bill, dimana pajak dari sektor tersebut ditarik dari para pelanggan lewat harga makanan yang di jual. Sementara Hotel, Restoran dan Kos-kosan, retribusi akan dilakukan langsung oleh para petugas dari BPKD. “Sejauh ini, item-item usaha yang saya sebutkan tadi adalah juga yang paling potensial menunjang PAD. Untuk itu kami pun terus berupaya mengoptimalkan penyerapannya,” ungkap Sirajudin, Senin (13/6/2022).

Sementara itu sejumlah pemerhati Bolmut, meminta SKPD yang ada di lingkup Pemkab Bolmut, agar lebih kreatif dalam mengolah SDA-SDA yang mereka tangani. Hal ini tentunya guna menopang laju peningkatan daerah lewat PAD yang dihasilkan. Mereka berharap, SDA yang melimpah di Bolmut, dapat menunjang upaya Pemkab Bolmut untuk mewujudkan visi Kabupaten IDEAL, yang salah satu itemnya memuat adalah unggul. “Seharusnya segenap SKPD bekerja maksimal untuk menunjang upaya bapak bupati dan wakil bupati untuk membuat kabupaten ini unggul dari daerah-daerah lainnya di Bolmong Raya, Salah satunya dari sector PAD,” ujar Ramses Sondak.

(rap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *