NASIONAL

PAN-RB Berikan Solusi Untuk Pemda Soal Penghapusan Honorer Tahun 2023

178
×

PAN-RB Berikan Solusi Untuk Pemda Soal Penghapusan Honorer Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

Jakarta,dotNews.id – Wacana penghapusan khusus tenaga honorer di tahun 2023 mendatang berpotensi dibatalkan setelah adanya keberatan dari sejumlah pemerintah daerah (Pemda).

Peraturan Pemerintah (PP) No. 49 tahun 2018, dan terbaru lewat surat edaran bernomor B/185/M.SM.02.03/2022 mewajibkan Pemda untuk menghapus pegawai honorer atau non-ASN di wilayah kerjanya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas menuturkan pihaknya banyak menerima keluhan dari berbagai pihak.

Untuk mengatasi hal ini, pemerintah sebenarnya telah memiliki jalan keluar untuk memfasilitasi Pemda yang keberatan dengan aturan ini.

Azwar menuturkan bahwa Pemda masih diperbolehkan mengangkat honorer tapi hanya sepanjang masa jabatan kepala daerah. “Ini solusi, kira-kira begitu. Kalau enggak ada solusi marah semua bupati,” tegasnya dalam Rapat Kerja dengan Komite I DPD RI, dilansir CNB Indonesia, Senin (12/9).

Dia melihat solusi ini lebih baik dibandingkan harus membuat aturan ketat, tetapi banyak Pemda yang melanggar.

Pasalnya, berdasarkan pengalamannya sebagai Bupati, Pemda masih melakukan akal-akalan dalam menambah jumlah tenaga honorernya, meskipun sudah seringkali dilarang.

“Akhirnya kucing-kucingan, faktanya sudah ditutup, kurang lebih 1,5 juta orang, kalau diafirmasi lagi jadi 2.5 juta,” kata Azwar.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *